Saat ini banyak sekali manusia yang berlomba-lomba dalam menciptakan teknologi-teknologi terbaru yang dapat membantu kehidupan. Tak heran jika kemajuan teknologi yang ada semakin meningkat setiap waktunya.

Salah satu teknologi dalam bidang keuangan yang kini sering dimanfaatkan adalah metode pembayaran cashless atau bertransaksi tanpa harus menggunakan uang fisik. Menggunakan semacam electronic money. Dengan begitu, manusia lebih mudah dalam melakukan transaksi keuangan di mana pun.

Hanya sistem transaksi ini tentunya memiliki kekurangan tersendiri yang perlu diperhatikan. Lalu, apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan metode pembayaran cashless? Berikut ini penjelasannya.

Inilah 5 Kelebihan dari Metode Pembayaran Cashless

Ada lima kelebihan yang didapat jika Anda menggunakan metode pembayaran secara cashless.
1. Hemat Waktu dan Praktis

Salah satu kelebihan dari metode pembayaran cashless adalah prosesnya yang hemat waktu dan prakts. Dengan menggunakan uang elektronik, Anda tak perlu kerepotan membawa uang tunai. Apalagi jika Anda akan melakukan transaksi dalam jumlah uang yang besar, tentunya akan repot karena membawa yang tunai dalam jumlah yang banyak saat bepergian. Apalagi saat ini tingkat kejahatan semakin meningkat sehingga rawan kejahatan.
2. Meminimalkan Tindakan Kriminal

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kejahatan masih saja sering terjadi. Di mana pun dan kapan pun, Anda bisa saja mengalami tindakan kriminal. Apalagi bagi Anda yang memiliki aktivitas padat dengan naik transportasi umum, tentu saja kehadiran uang elektronik menjadi solusi yang tepat. Cukup dengan menggunakan uang elektronik, Anda telah meminimalkan tindakan kriminal di jalanan.
3. Tak Perlu Antre Lama

Kelebihan lainnya dari uang elektronik adalah penggunaannya yang efisien sehingga Anda tidak perlu mengantre lama ketika melakukan transaksi apa pun. Anda hanya perlu tap kartu uang elektronik dan Anda dapat melakukan segala aktivitas dengan mudah.
4. Banyak Promo

Penyedia kartu-kartu elektronik ini biasanya melakukan kerja sama dengan berbagai vendor, semisal supermarket, restoran, coffeeshop, dan lainnya. Tak heran jika banyak sekali promo menarik yang ditawarkan. Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan ini secara gratis dengan menggunakan uang elektronik.
5. Bisa Dicari Tahu Keberadaannya

Sebagai pengguna uang elektronik, tentu saja segala data pribadi Anda akan terhubung. Hal ini akan membantu Anda untuk mencari tahu keberadaan electronic money jika terdapat kehilangan ataupun penyalahgunaan dana.

Tentu saja ini sangat menguntungkan. Misalnya, Anda kehilangan kartu elektronik tersebut, Anda dapat melacaknya sehingga Anda tidak akan kehilangan uang.

Inilah 4 Kekurangan dari Metode Pembayaran Cashless

Di balik kelebihannya, metode pembayaran cashless juga memiliki kekurangan. Berikut ini empat kekurangannya.
1. Jadi Lebih Sering Belanja karena Banyaknya Promo

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, uang elektronik memang memberikan banyak sekali promo menarik dan menguntungkan. Namun, hal ini akan membuat Anda mudah tergiur dengan promo-promo tersebut yang kemudian menyebabkan Anda tidak dapat mengontrol pengeluaran. Yang tadinya menguntungkan tentu saja akan membuat pengeluaran semakin boros. Karena itu, gunakanlah sebijak mungkin.
2. Rentan Aksi Cyber Crime

Memiliki uang elektronik tentunya akan memudahkan segala transaksi yang Anda lakukan. Namun, tahukah Anda jika uang elektronik sangat rentan terhadap aksi cyber crime? Hal inilah yang menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki uang elektronik.

Karena itu, berhati-hatilah untuk menyimpan uang elektronik Anda. Jangan lupa untuk selalu mengganti password-nya setiap bulan sehingga tidak mudah jatuh ke pihak yang salah.
3. Cenderung Ingin Terus Berbelanja

Meskipun serasa tidak memegang uang tunai, penggunaan uang elektronik akan membuat orang cenderung berbelanja. Hal inilah yang kemudian mendorong rasa untuk ingin terus berbelanja.

Karena rasa tidak mengeluarkan uang sama sekali, membuat Anda terus-menerus membeli barang-barang yang Anda inginkan. Setelah itu, barulah Anda sadar ketika pengeluaran menjadi membengkak.
4. Masih Terbatas

Meskipun mempermudah saat proses transaksi, masih sedikit vendor yang melakukan kerja sama dengan pihak bank yang menerbitkan uang elektronik tersebut. Karena itu, membuat penggunanya merasa kesulitan untuk menemukan tempat yang dapat melakukan pembayaran menggunakan uang elektronik karena tidak semua tempat menawarkan pembayaran menggunakan sistem cashless.

Manfaatkan dengan Bijak

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan uang elektronik. Karena itu, sebagai penggunanya, penting untuk memanfaatkannya dengan bijak. Apa yang menguntungkan dapat Anda manfaatkan dan yang merugikan sebaiknya dihindari. Semoga informasi ini bermanfaat dan Anda makin bijak dalam menggunakan metode cashless.