Dulu orang lebih sering mendatangi bank untuk mengajukan pinjaman uang tunai. Kini, ada banyak pilihan pinjaman yang ditawarkan melalui internet, seperti TunaiKita, RupiahPlus dan sebagainya. Mana yang lebih oke untuk kantong kamu?

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman tanpa mengharuskan calon debitur menjaminkan aset berharga miliknya. Produk Kredit Tanpa Agunan cukup banyak dicari orang yang membutuhkan dana cepat, karena proses pengajuan produk tersebut biasanya tidak membutuhkan waktu lama.

Namun karena pinjaman ini tidak membutuhkan jaminan sama sekali, persyaratan yang dikenakan kepada calon debitur cenderung lebih sulit dibandingkan dengan pinjaman yang mensyaratkan aset sebagai jaminan. Biasanya, bank memberikan persyaratan berupa kepemilikan kartu kredit selama lebih dari setahun bagi peminjam dana. Hal ini diperlukan oleh bank untuk mempertimbangkan apakah calon debitur layak diberikan pinjaman atau tidak.

Karena adanya persyaratan tersebut, tidak sedikit calon debitur yang mengurungkan niatnya untuk mengajukan produk pinjaman ini dan beralih untuk mengajukan pinjaman secara online. Jenis pinjaman yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan online atau yang biasa disebut financial technology (fintech) ini memang sedang populer beberapa tahun belakangan. Salah satu perusahaan yang memberikan fasilitas pinjaman online adalah TunaiKita.

Fasilitas pinjaman online memang masih jadi perbincangan pro dan kontra di kalangan masyarakat kita. Ada orang yang masih ragu dengan sistemnya dan merasa bahwa mengajukan pinjaman online bukanlah sebuah ide tepat. Namun di sisi lain, ada juga yang beranggapan bahwa menggunakan pinjaman online adalah cara yang tepat untuk mendapatkan dana besar dalam keadaan mendesak. Lalu, antara KTA konvensional dengan KTA online TunaiKita, mana sebenarnya yang paling baik? Agar kamu tidak bingung dalam memilih, berikut perbandingannya. Yuk disimak!

Mengenal cara kerja pinjaman online TunaiKita

Salah satu platform pinjaman online yang bisa dipilih adalah Tunaikita. Dalam peta industri teknologi finansial Indonesia Tunaikita tergolong fintech lending atau perusahaan teknologi finansial yang menyalurkan pinjaman langsung ke masyarakat melalui aplikasi. Ini menjadikan Tunaikita masuk dalam kategori sama dengan RupiahPlus, Uang Teman, Doctor Rupiah, dan lain-lain.

Perusahan fintech ini memberi pinjaman dalam bentuk dana tunai mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta untuk calon debitur yang berdomisili di area Jabodetabek. Perihal tenor pinjaman, Tunaikita menyediakan mulai dari 10 hari, hingga 6 bulan.

Terdapat dua jenis layanan yaitu Pinjaman Jangka Pendek, dan Cicilan. Pinjaman Jangka Pendek tenor pinjamannya 10-30 hari. Sedangkan Cicilan, mulai 3 bulan sampai 6 bulan. Pinjaman dari Tunaikita menawarkan kemudahan syarat dan kecepatan proses pencairan. Namun, tentu saja kemudahan itu tidak gratis. Bunga yang dikenakan oleh Tunaikita termasuk mahal.
Bunga mahal dari fintech lending Tunai Kita, Rupiah Plus dan lain-lain

Di Indonesia saat ini, pinjaman tanpa agunan yang dikenakan oleh bank melalui produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) rata-rata mengenakan bunga 1%-2% per bulan. Bahkan ada banyak produk KTA dari bank yang memberikan bunga di bawah 1% per bulan. Bila dibandingkan dengan bunga pinjaman tanpa agunan yang diberikan oleh perusahaan fintech seperti Tunaikita, RupiahPlus dan sebagainya, bunga KTA yang ditawarkan oleh bank relatif lebih murah.

Sebagai contoh:

Di Tunaikita, bunga pinjaman tanpa agunan untuk produk pinjaman jangka pendek adalah 13,5% untuk tenor pinjaman antara 10 hari sampai 30 hari. Ditambah lagi biaya layanan harian 0,7%-0,95% atau 21%-28,5% per hari! Simulasinya, bila kamu hendak meminjam Rp5 juta di aplikasi ini untuk tenor pinjaman 30 hari, maka bunga atau biaya yang harus kamu bayarkan mencapai Rp1,425 juta. Sehingga, total yang harus kamu bayarkan saat jatuh tempo adalah Rp6,425 juta. Bunganya mencapai 28,5% dari total pokok utang yang kamu ajukan.

Sedangkan produk KTA di bank bunganya tidak ada yang harian. Ada banyak KTA dari bank yang hanya mengenakan bunga 1% per bulan atau 12% per tahun. Bedanya, KTA bank jarang yang memberikan tenor pinjaman di bawah 6 bulan. Rata-rata malah mengenakan masa pinjaman minimal 12 bulan. Begitu pula nilai pinjaman rata-rata di atas Rp2 juta.

Sedang di fintech lending seperti Tunaikita, RupiahPlus, orang bisa meminjam dalam nilai kecil dengan tenor pendek. Persyaratan juga tergolong mudah dengan konsekuensi bunganya sangat mahal.

Pada poin-poin di atas, terdapat beberapa perbandingan singkat antara TunaiKita dengan pinjaman KTA konvensional. Supaya kamu mendapatkan gambaran lengkapnya, berikut beberapa produk KTA dari bank

KTA Bank DBS

Jika kamu ingin mengajukan KTA konvensional, Bank DBS merupakan salah satu alternatif pilihan yang tepat. Apalagi jika kamu butuh dana dalam waktu yang cepat. Sebab, proses pengajuannya hanya membutuhkan waktu dua hari kerja. Dengan catatan seluruh data yang kamu ajukan lengkap. Nominal pinjaman yang bisa diberikan oleh DBS mencapai Rp 200 juta.

Jangka waktu pinjaman maksimal 3 tahun.
Bunga pinjaman 0,95% sampai 1,29% bagi pengajuan dari Jabodetebek dan 1,49% per bulan bagi pengajuan di luar Jabodetek.
Tanpa slip gaji dengan syarat memiliki telepon fix line kantor.
Calon nasabah wajib memiliki penghasilan minimal Rp5 juta per bulan

KTA Amar Bank

Amar Bank memberi kemudahan untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan secara online. Pinjaman yang ditawarkan tergolong kecil maksimum Rp15 juta. Jenis pinjaman dari Amar Bank ini sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan dana dalam waktu mendesak dengan jumlah kecil.

Dokumen yang perlu dilengkapi seperti fotocopy KTP, fotocopy Surat Keterangan Kerja, fotocopy mutasi rekening, slip gaji.
Plafon pinjaman mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta.
Jangka waktu pinjaman antara 6 hingga 20 bulan.
Bunga pinjaman 3% flat per bulan.
Tidak harus memiliki kartu kredit
Pendapatan bulanan minimal Rp2 juta

KTA Standard Chartered Bank

Untuk mendapatkan dana pinjaman dari Standard Chartered Bank kamu tak perlu menunggu waktu lama. Hanya dalam waktu 3 hari pengajuan pinjaman bisa langsung disetujui dengan syarat seluruh aplikasi yang dibutuhkan sudah dilengkapi. Mulai dari karyawan, profesional hingga wiraswasta bisa mengajukan pinjaman ini.

Syarat penghasilan miimal Rp13 juta per bulan
Plafon pinjaman hingga Rp300 juta
Bunga 0,98% hingga 1,59% per bulan
Biaya provisi pinjaman 3%