Danabijak merupakan salah satu FinTech di Indonesia yang menawarkan jasa microlending dengan misi ingin membantu masyarakat terlepas dari permasalahan ekonomi yang ada. Dalam hal ini, Danabijak memberikan pinjaman, seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), namun dalam jumlah yang lebih kecil, tenor yang relatif lebih singkat, dan bunga transparan yang tidak memberatkan. Selain itu, dalam prosesnya, Danabijak menggunakan sistem online dengan verifikasi data yang mudah sebab tidak mengharuskan nasabahnya mengisi banyak dokumen.

Masih banyaknya masyarakat Indonesia yang belum terlayani dan mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan konvensional, menjadi dasar didirikannya Danabijak pada Desember 2016. Markus, CEO dan Founder Danabijak, berharap hadirnya Danabijak dapat menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia dalam menyelesaikan masalah keuangan sehingga mereka tak lagi terjebak pada rentenir yang akan memberikan beban baru dengan peraturannya yang mencekik. 

Syarat pengajuan pinjaman di Danabijak terbilang mudah, antara lain calon nasabah harus sudah berusia lebih dari 22 tahun, berkewarganegaraan Indonesia, memiliki pendapatan setiap bulan minimal 2,5 juta rupiah, dan mempunyai akun bank yang terverifikasi.

Mekanisme pengajuannya pun tak kalah mudah, yaitu:

1. Nasabah memilih pinjaman yang dibutuhkan melalui website danabijak.com
2. Jika aplikasi disetujui, pihak Danabijak akan melakukan transfer ke akun bank yang
diberikan dalam kurun waktu 48 jam.

Jumlah pinjaman dimulai dari 1 juta hingga maksimal 3 juta rupiah dengan tenor maksimal 30 hari. Kini, Danabijak telah melayani 3 kota besar, yakni Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Selanjutnya, tepatnya di kuartal ketiga dan keempat tahun ini, Danabijak berencana memperluas cakupan wilayah pelayanan hingga ke kota Semarang, Jogjakarta, Denpasar, dan Makassar.

Saran Danabijak untuk para calon nasabah agar pengajuan pinjaman cepat dicairkan adalah wajib menyertakan data pribadi terbaru dan pastikan tidak ada kesalahan dalam pengisian data. Hindari memasukkan nomor telepon kantor, keluarga, maupun pribadi yang sulit dihubungi.

Tak hanya memberikan pinjaman, Danabijak juga berperan memberikan literasi atau pengetahuan tentang pengelolaan keuangan kepada para nasabahnya. Kumpulan tips singkat keuangan bisa dilihat di artikel yang ada di blog Danabijak. Di samping itu, ke depannya, Danabijak berencana mengadakan workshop yang ditujukan untuk masyarakat umum. Tema workshop akan mengangkat seputar dunia keuangan beserta permasalahan yang sering muncul sehari-hari.

Keuntungan lain yang ditawarkan Danabijak adalah adanya sistem Poin Bijak. Poin ini memiliki 4 tingkatan, antara lain silver, gold, platinum, dan diamond. Dengan mengumpulkan Poin Bijak, nasabah berkesempatan mendapatkan bungan pinjaman yang rendah dan meningkatkan tenor pinjaman. Semakin banyak poin maka bunga juga akan semakin turun hingga 0,4%. Jumlah nominal pinjaman pun bisa semakin banyak, yakni 10 juta rupiah dengan tenor hingga 3 bulan.

Danabijak menargetkan pencapaian ke depan dengan selalu bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia, khususnya untuk para nasabahnya. Tidak berhenti sampai di situ, Danabijak juga berniat terus menambah jumlah jangkauan pelayanan minimal ke 8 kota lainnya. Untuk itu, tim Danabijak semakin gencar melakukan brand awareness dengan sering mengadakan promosi.