FINTEKTOK : Short Brief.

Fintech sebagai salah satu inovasi di sektor keuangan memiliki potensi yang signifikan dalam berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Asosiasi Fintech Indonesia mengungkap, Perkembangan fintech di Indonesia mampu meningkatkan Produk Domestik Bruto atau PDB sebesar Rp25,97 triliun baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, konsumsi rumah tangga mampu meningkat hingga Rp8,94 triliun. 

Saat ini, pertumbuhan para pelaku industri fintech juga cukup pesat. Lebih dari 400 perusahaan berbasis fintech hadir dimana sebagian besar menawarkan solusi peer to peer lending alias pinjaman online berbasis teknologi. Kelebihan utama dari P2P lending ini adalah kemudahan dalam transaksi dan tidak melewati prosedur seperti halnya pengajuan di Bank. 

Namun di sisi lain, kemudahan ini melahirkan ekses yang dirasakan langsung oleh masyarakat. yaitu munculnya berbagai keresahan diantaranya : proses penagihan yang dianggap merugikan konsumen, pertukaran data konsumen tanpa seizin nasabah, dan problem lainnya. Meski angka kredit macet P2P lending masih di angka 1% (standar 5%) namun di level masyarakat keresahan-keresahan tersebut sudah mulai meningkat ekskalasinya. 

berangkat dari permasalahan diatas, ModalAntara.com sebagai portal informasi fintech yang concern pada isu-isu seputar fintech dan implementasinya di masyarakat, mengadakan Talkshow dengan nama FINTEKTOK yang memasuki edisi ketiga ini mengangkat topik berjudul "Peluang & Tantangan Fintech Bagi Mahasiswa" yang akan diadakan pada : 

Hari : Selasa, 18 Desember 2018
Waktu : Jam 09.00 WIB - 12.00 WIB
Tempat : Kampus Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan
Acara : Fintektok #3 - Peluang & Tantangan Fintech Bagi Mahasiswa

Pembicara : 
- Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

- Pelaku Usaha Fintech di Indonesia

- Dosen Universitas Budi Luhur

 

Sekilas mengenai Modalantara.com dan FINTEKTOK
 
Modalantara.com adalah portal informasi fintech Indonesia yang menyajikan beragam informasi seputar fintech secara komprehensif dan mencerdaskan. 
sebagai portal informasi, Modalantara.com mengusung visi Fintech for Better Indonesia dengan menempatkan diri sebagai media informasi yang bisa diakses oleh masyarakat umum. Mengedepankan prinsip-prinsip jurnalistik dan informatif, Modalantara.com membantu para stakeholder (pemerintah, pelaku industri fintech, dan pengguna) dalam mengedukasi masyarakat mengenai hal-hal terkait fintech dan potensi ke depannya. 

Sebagai bagian dari upaya Modalantara.com berinteraksi dengan audiensnya, diadakanlah acara rutin bertajuk "FINTEKTOK" yang mengusung konsep talkshow ringan dan santai bersama para pelaku, praktisi, dan juga pemerintah sebagai stakeholdernya. Acara yang rencananya akan digelar secara berkala ini akan menggabungkan konsep seminar dengan nuansa coffeeshop sehingga diskusi bisa berjalan lebih hangat dan intens. 

Subscribe Newsletter